Sabtu, 11 Januari 2014

that jack,in the afternoon


pada entri ini gua akan membahas tentang nene gua. namanya lapsinah,namanya indah bukan?. dia nene dari  ibu gua,usianya mungkin 70an/lebih.ulas sedikit tentang nene gua. 
julukannya dirumah adalah "si tangan cepat'. kenapa demikian? kecepatan tangannya sangat luar biasa. biasanya kalo ngaji dia itu selalu bawa kantong plastik di dalem tasnya,buat apa? tentu aja itu buat bungkusin makanan yang ada disana,jadi wajar aja kalo makanan yang disuguhin saat arisan/pengajian cepet ilang,karna nene menggunakan kekuatannya untuk mengambil makanan tersebut. & tidak ada satu orang pun yang melihat saat dia sedang mengambil makanan.
makanan dirumah gua juga cepet abis,itu bukan karna keluarga gua yang rakus ama makanan. tapi itu karna nene gua yang suka ngumpetin makanan. jadi kalo dirumah gua,pas ibu rapih masak harus buru-buru makan,kalo ngga lauk akan hilang & kita tidak akan bisa makan. 
bisa dibilang kalo nene gua ini orangnya punya gengsi yang sangat tinggi. dia selalu bilang ama semua orang kalo dia ngga pernah makan,tapi kenyataannya dia makan di bawah tangga yang letaknya dibelakang rumah gua. t'rus kalo ditawarin makanan dia sok nawar,tapi taro aja makanan tersebut diatas meja kamarnya,ntarjuga dia makan. dia juga sering diem-diem makan makanan anak bocah,seperti es kiko,jeli-jelian,dll. 
dia orangnya juga kepoan. dia itu kepo ama yang namanya kantong plastik,setiap ada kantong pelastik geletakan pasti dibuka ama dia. sering gua ngerjain dia,gua taro kantong plastik kosong di atas meja buat ngerjain dia. & itu menurut gua sesuatu hal yang menyanangkan.
 terus dia juga rada budek. dia mao tau banget urusan orang,karna dia rada budek kalo mao ngasih tau dia harus pake suara yang kenceng. jadi gua agak males negor dia,karna disangka orang gua lagi ngajak ribut nene gua. tapi kalo kaga pake suara yang gede dia kaga bakalan denger.

nene gua tukang patroli,dia selalu kepo ama pintu yang tertutup. sebagaia contohnya waktu itu rumah tante gua pintunya lagi ditutup,pas dia tau kalo pintunya ketutup dia langsung masuk untuk berpatroli. dia membuka kulkas,membuka lemari makanan. buat apa? tentu aja buat ngambil makanan,baik yang masih mentah maupun yang udah mateng. pernah sekali gua lagi makan ayam goreng ama keluarga gua,karna banyak kucing jadi gua makan dikamar & pintunya ditutup. nene yang kepo nyuruh keponakan gua yang masih kecil buat bantuin dia ngebuka pintu kamar.nene gua juga seorang chef. 
dia suka bereksperimen menciptakan makanan dengan lauk-lauk basi yang dia simpan,padahal kaga ada satupun yang mao makan makanan dia,tapi dia masih terus bereksperimen. gua jadi inget pas dulu gua pernah ngeliat dia lagi bereksperimen. dia meres santen,lalu dia masukin kedalam panci,terus dia ngeluarin sesuatu yang ngga jelas dari dalem kulkas. guapun bertanya "ini apa ne?" sambil nunjuk kearah lauk kaga jelas yang dia keluarin dari kulkas. "itu sayur". "sayur? ada apaan aja disini?". "macem-macem ada sayur sop,asem,lodeh,bayem,dll". & disitu gua hanya bisa bengong. lauk aneh tadi dicampurin ama santen yang dia peres. silahkan bagi yang mao mencobanya.
nene gua orangnya super duper jorok. dia kalo makan sambel sedikit langsung berak-berak. dia ngga pernah make CD,jadi tainya belecetan dimana-mana. tapi dia ngga mau ngakuin meskipun dia udah kepergok,dia juga ngga mao ngelap bekas belecetan dia. dia juga suka ngelepeh makanan yang dia makan ke ubin,dia juga kalo kencing ngga pernah disiram. dia juga ngga pernah nyuci tangan,jadi bagi kalian yang ingin bersalaman dengan dia sebaiknya mengurungkan niat anda.
pelitnya ngga ketulungan. tiap bulan dia selalu dapet duit pensiunan kakek gua,tiap bulan emang gua dikasih ama dia 20rb,tapi dia bilang ke orang-orang kalo ngasih gua itu 50rb. dia ngga pernah ngeluarin duit,paling dia ngeluarin duit buat beli kerupuk,ikan asin (hanya untuk kucing),ayam/ikan (buat le' gua),dll. beberapa hari setelah dia nerima pensiun gua selalu iseng-iseng nanya. "ne,bagi duit ada ngga?" "duit nene abis wi..."
ada juga kata-kata yang selalu dia ucapkan. disaat dia kesal>> "sok..sombong..cabak & rakus..mindalik..". disaat dia jatuh & kesakitan >> "gusti robbi..aduhyung..rojiun..". disaat dia solat lalu kentut>> "kurang ajar".
entah apakah setelah dia tiada rumah ini terasa seperti apa,mungkin akan terasa sepi.
ok cukup disini dulu,tunggu entri gua selanjutnya. adios~
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar